Perawatan Yang Baik Pada Belt Drive

Wednesday, June 17, 2015 Balancing Machine Indonesia 0 Comments

Belt Drive
Pada beberapa hari yang lalu saya membuat article yang berjudul tentang bedanya End Drive dengan Belt Drive, dan pada hari ini saya membahas cara perawatan Belt Drive. Banyak orang yang tahu bagaimana cara menggunakan atau mengoprasikan Belt Drive ini, tetapi lupa bagian hal yang penting bagimana cara perawatan pada Belt Drive. Karena peran Belt Drive pada Balancing Machine itu sangat penting oleh karena itu pada article ini saya akan mengshare sedikit ilmu tips dan cara melakukan perawatan Belt Drive.

Pertama saya akan membahas ulang, Apa itu Belt Drive ? Belt Drive adalah sebuat alat berbentuk sabuk yang posisi mesin motor berada di bawa pusat mesin memutar. Berikut cara melakukan perawatan pada Belt Drive :

1. Persiapan Perlengkapan Perawatan Terlebih Dahulu
Setiap kali hendak ingin memeriksa belt. Jangan lupa melakukan persiapan terlebih dahulu. Mulai dari Kunci, lap, sampai belt dressing.

2. Perawatan Menjaga Ketegangan Belt
Pentingnya peran kerja belt itu tidak ringan, maka bagian sabuk belt akan ada yang kendor, lalu segeralah anda harus melakukan pengencangan sabuk belt kembali, jika tidak akan mengakibatkan kerusakan fatal. Cara pemasanganya dengan belt di tekan dengan ibu jari serta pada bagian bawah telapak tangan. Perhatikan juga jarak belt itu berkisar kurang lebih 3 ( tiga ) centimeter tergantung juga dengan spesifikasinya.

3. Perawatan Pada Belt Yang Menimbulkan Decitan
Decitan yang terdengar seolah menganggu kebisingan dan itu adalah salah satu factor kerusakan pada belt tersebut. Kesalanya terletak pada Belt yang di kerjakaan secara paksa atau kaget otomatis decitan tersebut akan terdengan dan menganggu kebisingan anda.

4. Perawatan Elastisitas Belt
Belt kurang elastisitas karena belt terlalu di paksa kerja terus menerus, cara perawatanya adalah dengan cara memberikan Belt dressing pada bagian  sabuk belt.

0 comments: