Tugas Bearing dalam Balancing Machine

Monday, June 22, 2015 Balancing Machine Indonesia 0 Comments

Bearing - Balancing Machine
Pada article hari ini saya akan membahas peran bearing pada balancing machine, Pertama saya akan membahas mengenai apa itu bearing ?. Bearing sendiri apabila di terjemahkan artinya Bantalan. Bearing adalah alat yang memungkinkan terjadinya pergerakan relative antara dua bagian dari alat atau mesin. Dengan adanya bearing, gesekan atau getaran menjadi sangat minim dibandingkan tanpa bearing yang bisa mengakibatkan cepatnya rusak atau tidak berfungsi secara utuh pada mesin tersebut.

Posisi letak bearing tersebut tergantung type mesin Balancing Machine . biasanya posisi letak bearing terdapat di samping alat penyeimbang atau balancing. Kita ketahui bahwa ada dua jenis utama dari balancing machine yaitu Hard Bearing (Bantalan Keras) dan Soft Bearing (Bantalan Lembut). Saya akan jelaskan apa itu hard dan soft bearing ? Dalam mesin Hard Bearing, balancing dilakukan pada frekuensi yang lebih rendah dari pada frekuensi resonansi dari suspense. Dan dalam mesin Soft Bearing, balancing dilakukan pada frekuensi yang lebih tinggi dari pada frekuensi resonansi dari suspensi.

Dari kedua jenis mesin memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Dalam Hard Bearing berperan dapat menangani potongan dengan sangat bervariasi beban, karena mesin keras bantalan mengukur efek sentrifugal dan hanya memerlukan kalibrasi satu kali. Oleh karena itu, ia berperan dengan sangat baik untuk rendah dan menengah ukuran produksi.


Sedangkan Soft Bearing tidak begitu serbaguna terhadap jumlah berat rotor harus seimbang. Penyusunan ini lebih memakan waktu, karena itu perlu dikalibrasi untuk jenis bagian yang berbeda. Hal ini sangat cocok untuk volume produksi yang tinggi dan balancing tugas presisi tinggi,  

Sumber : http://www.balancingmachineindonesia.com/article/222/peran-bearing-pada-balancing-machine

0 comments: