Tips Posisi Website Anda di Halaman Awal Google

Thursday, June 25, 2015 Balancing Machine Indonesia 0 Comments


Perlu anda ketahui terdapat Dasar SEO (Search Engine Optimization) yang menjadikan situs atau halaman anda, di nilai lebih relevan sehingga hal tersebut dapat memberikan nilai + pada situs anda, dan mengakibatkan situs ranking tinggi di Google.
Hal tersebut juga yang akan saya bahas pada postingan kali ini, jika anda mengikuti panduan ini dengan baik dan benar, saya yakin situs anda dapat ranking minimal 10 besar, tetapi dengan syarat saya tidak memberikan garansi, jika situs yang anda optimasi tidak berhasil ranking.
Akan tetapi, ini adalah teknik SEO yang sering saya gunakan untuk membuat artikel atau postingan saya ranking tinggi di Google.
Lalu apa saja hal yang menjadikan situs atau halaman ranking tinggi di Google..
Keyword Research : Mencari keyword yang paling banyak diketikan orang di search engine, dan mentarget keyword tersebut untuk di optimasi agar dapat ranking tinggi.On Site SEO : Teknik mengoptimasi situs agar terlihat lebih relevan dari segi artikel maupun konten, dan untuk mempermudah Google menjadikan situs anda ranking dengan keyword yang anda target.Off Site SEO : Teknik mengoptimasi situs dari luar menggunakan Backlink, hal ini dapat mendorong posisi situs anda di search engine.
Like Post Social Media : Banyak yang menyukai artikel anda di Social media seperti Facebook, Twitter dan Google+, dan hal tersebut juga berpengaruh pada situs atau halaman yang sedang anda optimasi.
Mari kita bahas satu persatu..

Keyword Research yang Baik dan Benar

Hal pertama dari cara SEO website adalah Keyword Reseach, Keyword Research atau riset keyword adalah kegiatan mencari keyword atau kata kunci yang banyak di cari orang di Google.
Hal ini menjadikan situs yang anda optimasi menjadi lebih berguna dan mau di lihat orang, karena keyword research itu seperti ini, Contoh : anda mempunyai situs mengenai “obat pengusir lalat” yang anda beri nama “oblat” kemudian, jangan anda target situs tersebut untuk ranking dengan kata kunci “oblat” tetapi target kata kunci “obat pengusir lalat” agar situs anda banyak di cari orang dan ranking dengan kata kunci tersebut.
Tentunya hal itu akan membuat situs mau di lihat orang bahkan membeli produk anda tersebut. Contoh lain seperti ini, saya TIDAK mentarget situs ini ranking dengan kata kunci “ahnafirfanoe” karena domainnya seperti itu.
Sehingga saya pribadi tidak begitu mementingkan nama domain, walaupun sebenarnya nama domain itu harus sesuai dengan keyword yang di target seperti yang saya jelaskan di Produk E-SEO Special Free Member.

Bagaimana Riset Keyword yang Baik dan Benar

Cara menggunakannya cukup mudah, anda hanya perlu memasukan keyword yang di target, kemudian pilih negara “indonesia”, dan jenis “web”. lalu masukan captcha dan pilih “suggest”.
Kemudian anda akan menemukan beragam keyword untuk di telusuri kembali di Google Planner.
title="cara seo website" />
Setelah melakukan riset keyword jangan lupa untuk mentarget 2 samapi 5 kata kunci yang menurut anda relevan dan mempunyai page views yang tinggi, untuk dioptimasi pada langkah selanjutnya.
Pastikan anda mengetahui bagaimana Cara Riset Keyword ini sehingga anda dapat mentarget kata kunci yang memang benar-benar akan membawa trafik yang banyak.

On Site SEO Ampuh Untuk Ranking Tinggi

On Site atau On Page SEO sama saja yang artinya mengoptimasi situs dari dalam, atau dari segi artikel, konten, dan lain – lain, seperti yang sudah saya sebutkan diatas.
Ada beberapa faktor On Site SEO yang perlu anda perhatikan selain yang pernah saya jelaskan di posting Dasar SEO, diantaranya adalah :
1. Kecepatan Situs
2. Relevansi
3. Situs yang Mudah di Crawl
4. OutBound dan InBound Link
5. Betahnya Pengunjung di Situs Anda
1. Kecepatan Situs
Hal pertama yang menjadi faktor On Site SEO yang ampuh adalah Kecepatan situs, Situs yang cepat di load adalah situs yang bagus, dan akan dinilai baik oleh Google.
Ada beberapa hal yang saya ketahui dan akan membuat situs di load lebih cepat…
Pertama adalah gunakan Themes yang ringan dan cepat di load, seperti situs saya menggunakan themes yang simple dan tentunya GRATIS! yaitu Iconic dari Themonic.
Selain itu banyak Themes WordPress gratisan yang dapat anda gunakan sepertiWoothemes atau Themes dari Situs WordPress.org.
Jika anda menginginkan themes yang super power full, saya sarankan menggunakan Themes Thesis atau Genesis.
Tetapi menurut saya tidak masalah Themes apapun itu yang penting adalah themes tersebut membantu mempercepat loading situs.
Kedua Tempat hosting yang bagus dan cepat, ini merupakan hal yang sangat penting untuk On Site SEO, saya sarankan jangan pernah membeli hosting di sembarang tempat jika anda menginginkan rangking tinggi di Google, tetapi belilah hosting yang memiliki server cepat dan tidak pernah down.
Karena jika anda membeli hosting yang servernya sering down, maka jangan harapkan ranking yang bagus untuk situs anda.
Jujur, saya pribadi sangat tidak puas dengan penyedia hosting di indonesia, karena beberapa kali saya mencoba dan selalu menemukan server yang down, dan hal ini akhirnya yang membuat saya harus pindah hosting ke HostGator.

Jadi Pastikan anda tidak mengalami hal yang sama dengan saya, dan pastikan juga penyedia hosting anda tidak pernah down.
Ketiga tidak terdapat iklan pada situs anda,
jujur saya sangat benci dengan situs yang mempunyai BANYAK iklan, karena situs tersebut akan sangat berat untuk di load.
jadi walaupun situs anda penayang iklan (PPC), pastikan situs tersebut mudah untuk di loading, karena Google pun tidak menyukai situs yang mempunyai banyak iklan.
2. Relevansi
Anda pasti mengetahui tugas mesin pencari, yaitu menemukan konten yang relevan dengan kata kunci yang di cari orang.
Contohnya seperti ini, anda mencari di Google dengan kata kunci “jual baju” maka pasti yang akan muncul pada posisi satu Google adalah situs yang berjualan baju, jika yang muncul adalah situs “jual ikan” tentu hal tersebut akan membuat Google, di tinggalkan banyak orang karena tidak menampilkan hasil pencarian yang relevan.
Oleh karena itu pastikan situs anda se-relevan mungkin dengan keyword yang anda target, dengan menyisipkan keyword tersebut pada, URL, Title Tag, Heading1, dan lain – lain.

3. Mudah di Crawl
Situs yang mudah di Crawl oleh Google adalah situs yang baik, yang artinya adalah situs tersebut memberikan kemudahan untuk di Crawl oleh Google Spider.
Fungsi atau tugas dari Crawl sendiri yaitu Google Spider atau robotnya si Google akan mendatangi situs anda, dan akan mencek seluruh isi dari situs, nah.. dan jika situs anda ini menyulitkan si robot untuk mencrawl situs anda. hal ini juga akan menyulitkan situs anda untuk ranking tinggi di Google.
Jadi pastikan situs anda mudah di Crawl oleh Google, dengan cara tidak terdapat halaman yang eror, atau broken link, anda juga bisa menggunakan Google Webmaster Tools untuk menganalisis hal tersebut.
4. InBound dan OutBound link
Google menyukai situs yang melink ke situs atau halaman yang relevan dengan topiknya, karena hal tersebut akan memudahkan pengunjung untuk mencari info yang lebih banyak dan lengkap.
Oleh karena itu pastikan dalam suatu artikel atau halaman anda, terdapat link yang menuju situs yang relevan dan mempunyai PR tinggi, seperti WikiPedia, BBC.co.uk, dan lain-lain.
5. Betahnya Pengunjung di Situs Anda
Ini juga bisa di sebut dengan User experience, Mesin Pencari sangatlah pintar, mereka dapat mengetahui apakah pengunjung situs anda, hanya mampir selama 5 detik atau mampir dengan lama dan mengklik posting lainnya.
Maka pastikan situs anda dapat membuat pengunjung betah, dengan cara, situs anda mudah di load, memiliki penampilan yang bagus, tidak terdapat banyak iklan, dan lain-lain.
Jika kebanyakan pengunjung sudah betah di Blog anda, hal ini juga akan menaikan posisi situs anda di search engine.

0 comments: