Yang Membedakan Rotor Turbin dengan Motor Listrik

Thursday, June 25, 2015 Balancing Machine Indonesia 0 Comments

Pernahkah kalian mendengar Rotor Turbin atau Motor Listrik ? Di Article ini saya akan menjelaskan Apa itu Rotor Turbin dan Apa itu Motor Listik. Kedua komponen mesin tersebut juga termasuk komponen mesin Balancing Machine. Tetapi tidak hanya balancing machine saja yang mempunyai komponen tersebut, Rotor Balancing pun juga mempunyainya juga bahkan Mesin – mesin lainya juga.

Nah pertama saya akan menjelaskan pengertian kedua komponen mesin tersebut. Apa itu Rotor Turbin ? Rotor Turbin adalah Bagian yang berputar terdiri dari poros dan sudu – sudu yang terpasang mengelilingi rotor. Jumlah baris sudu gerak pada rotor sama dengan jumlah baris sudu diam pada casing. Pasangan antara sudu diam dan sudu gerak disebut Stage (tingkat).

Piranti ini yang memberikan tenaga kepada atau yang mengambil tenaga dari suatu zat alir. Yang apabila mesin tersebut mengambil tenaga dari zat alir jadi Turbin itu adalah mesin turbo yang berfungsi sebagai mengubah energy potensial fluida (Energi Kinetik) menjadi energi mekanik untuk menghasilkan kerja Mesin pada Pabrik pabrik.

Sedangkan Motor Listrik adalah Energi Listrik menjadi Energi Mekanik. Yang berfungsi sebaliknya yang disebut Generator atau Dinamo. Komponen mesin ini dapat di jumpai pada peralatan rumah tangga maupun Pabrik. Perubahan Energi ini bisa mengubah energy magnet yang disebut Elektro Magnit. Komponen alat ini digunakan untuk misalnya memutar impeller pompa, fan atau blower menggerakan kompresor, mengangkat benda dll

Cara Umum kerja mesin ini yaitu arus listrik dalam medan magnet akan memberikan gaya jika kawat yang membawa arus dibengkokkan menjadi sebuah lingkaran (loop), yaitu pada sudut kanan medan magnet akan mendapatkan gaya pada arah yang berlawanan. Pasangan gaya ini akan menghasilkan tenaga putar.

Kesimpulan yang bisa saya ambil pada article ini adalah bahwa perbedaan antara Rotor Turbin dengan Motor Listrik adalah Pengubah Energi maksudnya kebalikanya pengubah tenaga dari komponen tersebut dan Berfungsi atau tujuanya sama.

0 comments: