Ternyata Biji Kurma Bisa Diolah Lagi !

Friday, July 03, 2015 Unknown 2 Comments


Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, saya akan memposting tentang Biji Kurma, dan ternyata Biji kurma itu masih bisa diolah lagi lhoo~ pasti anda bingung kan ? kok biji kurma bisa diolah ? memangnya bisa diolah jadi apa ?, yap saya akan menjelaskanya, bahwa Biji Kurma itu bisa di manfaatkan kembali menjadi "KOPI". bagaimana caranya ? oke saya akan kasih tau proses mengolah Biji Kurma tersebut hingga menjadi Bubuk Kopi. Yuk di simak

1. Bilas Biji Kurma Lalu Tiriskan
Pertama yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan membilas sisa Biji Kurma dengan benar dan hingga bersih, di sarankan membilasnya dengan menggunakan sikat gigi atau kain supaya sisa sisa daging kurma yang menempel pada biji tersebut lepas dan setelah proses bilas lalu Tiriskan di tempat yang kering.

2. Proses Menjemur
Setelah ditiriskan, Biji kurma tersebut di kumpulkan di tempat wadah yang besar atau tampah, supaya proses pengeringanya lebih cepat, peletakan biji kurma di wadah tersebut jangan berdempetan karena mengurangi proses kerja penjemuran. Setelah di kumpulkan di wadah, lalu di jemurkan di tempat yang lapang atau di halaman. Dalam proses pengeringan ini membutuhkan waktu sekitar 2-3jam atau hingga benar benar biji itu kering dan tidak mengandung serat / air.

3. Proses Sangrai
Setelah lamanya proses penjemuran, lalu Biji kurma yang sudah benar benar kering itu dimasukan kedalam wajan yang tidak berisikan minyak goreng atau yang dikenal dengan proses pemasakan yaitu sangrai. tujuan dari sangrai tersebut adalah untuk membunuh kuman / bakteri yang menempel karena pada proses penjemuran tadi.

4.Proses Tumbuk
Sesudah di sangrai sampai mengeluarkan aroma sedap, itu menandakan Biji Kurma tersebut siap di proses tumbuk. dengan proses tumbuk ini bisa di lakukan dengan cara di tumbuk, atau di giling dengan menggunakan alat blender.

5. Akhir Proses
Setelah di tumbuk hingga benar benar menjadi bubuk, Biji Kurma tersebut bisa dihidangkan dengan secangkir gelas yang tuangkan dengan air panas.


MANFAAT
- Memberi Energi tubuh
- Menurunkan Kadar Gula ( Diabetes)
- Menghilangkan Letih Dan Lesu
- Melancarkan Peredaran Darah
- Menyembuhkan Keputihan, Kanker.
- Menghangatkan Badan Dan Tubuh Menjadi Rileks




Yuk Berkungjung ke Website Resmi Kita :
www.balancingmachineindonesia.com

2 comments:

  1. Wah baru tau ane ternyata berkhasiat ya biji kurma.

    Mampir ganke blog ane.
    tutorial-aide.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Wah baru tau ane ternyata berkhasiat ya biji kurma.

    Mampir ganke blog ane.
    tutorial-aide.blogspot.com

    ReplyDelete